Monday, October 7, 2019

Perawatan Besi Beton Agar Tidak Mudah Korosi

Perawatan bala bantuan dengan bahan yang tepat dan agen salah satu lapisan pertahanan terhadap serangan korosi di lingkungan agresif. Ada banyak metode perawatan penguatan misalnya pengobatan anti korosi yang menggunakan agen asam atau alkali dan pelapis epoksi berikat fusi.

Prinsip dasar dari metode perawatan ini adalah untuk mencegah reaksi antara zat agresif seperti ion klorida dan tulangan baja. karenanya, waktu yang dibutuhkan untuk mencapai bahan berbahaya seperti untuk batang baja meningkat dan akibatnya daya tahan struktur meningkat secara substansial.

Perawatan Anti Korosif
Perawatan Anti Korosi diterapkan setelah batang dipotong dan ditekuk untuk dibentuk. Perawatan dilakukan di area tertutup. Batang yang dirawat disimpan di atas tanah di area tertutup pada penopang harga besi beton kayu / batu. Ketebalan rata-rata lapisan adalah 0,3 ± 0,1 mm. Prosedur untuk perawatan tulangan anti-korosif adalah sebagai berikut:

Batang penguat direndam dalam larutan de-rusting selama sekitar 15-30 menit sampai karat dihilangkan dan batang permukaan yang cerah tercapai.
Larutan penghilangan karat dibuat dengan mencampurkan larutan penghambat karat dengan asam hidroklorat ditambah air; rasio campuran penghambat 5 liter: asam klorida 50 liter: 50 liter air dapat digunakan untuk produksi 100 liter larutan penghilang karat.
Kemudian, lepaskan batangan dari larutan, bersihkan dengan kain bekas basah.
Setelah itu, rendam batang dalam larutan yang dihasilkan dengan mencampurkan bubuk alkali dengan air; 1. Kg bubuk harus dicampur dengan 400 liter air. Batang harus dibiarkan dalam larutan ini selama 5 menit kemudian dibersihkan dan dilepas.
Jelly Fosfat kemudian segera dioleskan pada permukaan batang menggunakan sikat serat. Agar-agar agar dibiarkan bereaksi dengan permukaan batang selama 45-60 menit dan agar-agar tersebut dihilangkan dengan cara membilasnya dengan air atau kain basah.
Solusi inhibitor korosi kemudian diterapkan pada permukaan tulangan dengan menyikat / mencelupkan.
Larutan penghambat korosi dicampur dengan semen portland biasa dalam perbandingan 500 CC inhibitor dengan 1 kg OPC dan bubur yang dapat disiapkan disiapkan. Bubur ini kemudian diaplikasikan pada permukaan batang dengan menyikat. Semua langkah di atas harus diterapkan pada hari yang sama dan baja dibiarkan kering selama 12 - 24 jam.
Solusi penyegelan korosi kemudian diterapkan dengan menyikat / mencelupkan.
Inhibitor dicampur dengan semen Portland biasa dalam perbandingan 600 CC inhibitor dengan 1 kg. semen dan bubur yang bisa disikat disiapkan. Bubur ini segera diterapkan pada permukaan tulangan. Lapisan kemudian dibiarkan kering selama 12 - 24 jam.
Solusi penyegelan korosi diterapkan pada permukaan tulangan. Lapisan ini kembali diulang setelah 4 jam pengeringan udara.

Fusion Bonded Epoxy Coating
Proses ini harus dilakukan sesuai IS: 13620. Proses ini dilakukan oleh agen khusus di Pabrik mereka. Prosedur berikut harus dipertimbangkan ketika lapisan epoksi pengikat fusi digunakan. Rincian lebih lanjut mengenai metode perawatan ini dapat ditemukan di IS: 13620.

Bersihkan permukaan batang besi beton dengan pembersihan ledakan abrasif sampai diperoleh permukaan yang hampir putih. Profil permukaan harus bebas dari skala pabrik, karat dan benda asing jika dilihat dalam kondisi yang cukup terang.
Oleskan pelapis ke permukaan yang dibersihkan sesegera mungkin. Periode maksimum antara penyelesaian pembersihan dan mulai menerapkan mantel adalah delapan jam.
Lapisan harus diterapkan sebagai bubuk kering bermuatan listrik yang disemprotkan ke batang baja yang ditanahkan menggunakan pistol semprot elektrostatik.
Bedak bisa diaplikasikan pada batang yang panas atau dingin.
Batang yang dilapisi harus diberi perlakuan termal yang ditentukan oleh pabrikan resin epoksi yang akan memberikan lapisan akhir yang sepenuhnya sembuh. Temperatur harus dikontrol untuk menghindari lepuh atau cacat lainnya.
90 persen dari semua pengukuran ketebalan lapisan harus 0,1 mm hingga O-3 mm setelah pengeringan.
Pelapisan harus diinspeksi secara visual setelah pengawetan untuk kelanjutan pelapisan dan harus bebas dari lubang, lubang, kontaminasi, retakan dan area yang rusak.
Penguatan Tahan Korosi yang Tersedia Secara Komersial
Penguat dibeli dari merek terkenal batang tahan korosi. Sifat-sifat mekanis seperti kekuatan tarik, perpanjangan dll. Harus sesuai dengan persyaratan kelas batang yang sesuai, seperti Fe 415, Fe 500 dll. Sesuai IS-1786.

No comments:

Post a Comment