Monday, October 7, 2019

Cara Monitoring Kekuatan Cor Beton

Memantau penguatan beton sejak awal di lapangan adalah tugas yang sangat penting untuk keberhasilan beberapa pekerjaan konstruksi seperti memulai langkah-langkah penopang dan reshoring kritis yang diperlukan selama konstruksi bangunan bertingkat dan menghilangkan bekisting.

Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk memantau atau mengukur penguatan awal beton di lapangan. Misalnya, uji tekan untuk silinder lengkung medan, kematangan beton, silinder curing lapangan yang dilekatkan pada bentuk, ketahanan penetrasi, dan uji tarik.

Masing-masing metode atau kombinasi daripadanya menghasilkan data kekuatan tekan yang diperlukan di lapangan untuk mengontrol waktu menopang besi hollow / membuang dan menghilangkan bentuk.

1. Lapangan-Cured Silinder
Dalam metode ini, silinder dicor di lapangan berdasarkan standar ASTM C31 / C31 M, dan disembuhkan dalam kondisi yang sama (suhu dan kelembaban) seperti beton yang diwakilinya. Silinder ini diuji di laboratorium sesuai dengan standar ASTM C39 / C39M pada usia yang ditentukan untuk mengevaluasi kekuatan tekan beton.

2. Cylinder Field-Cured Terlampir pada Formulir
Metode lain pengukuran kekuatan beton awal adalah penggunaan cetakan silinder khusus yang melekat pada formulir di lapangan. Pengujian ini dilakukan sesuai dengan Metode Uji Standar untuk Kekuatan Tekan dari Silinder Beton yang Ditempatkan dalam Cetakan Silindris (ASTM C873 / C873M) yang terbatas untuk digunakan dalam pelat dengan kedalaman beton dari 125 hingga 300 mm.

Ketinggian cetakan sama dengan ketebalan pelat. Spesimen dicor dan disembuhkan dengan kondisi yang sama dengan pelat beton. Sampel diambil dari cetakannya pada waktu yang ditentukan dan kemudian diuji untuk memperkirakan kekuatan tekan beton. Teknik ini menentukan kapasitas bantalan slab dan karenanya waktu untuk menghilangkan strip dan pantai.

3. Kematangan Beton
Hasil uji kematangan beton dapat dikorelasikan untuk mengevaluasi kuat tekan beton. Korelasi ini mula-mula harus ditetapkan untuk campuran beton spesifik yang direncanakan untuk digunakan pada proyek dengan menguji silinder kuat tekan pada berbagai tahap kematangan.

Jadi, jika kematangan diketahui dan kurva korelasi untuk campuran spesifik proyek ditetapkan, maka kekuatan beton dapat ditentukan. Tes jatuh tempo dilakukan berdasarkan spesifikasi ASTM C 1074.

4. Tes Penarikan
Hasil tes penarikan dapat digunakan untuk mengevaluasi harga besi hollow kekuatan tekan beton di lapangan. Tetapi korelasi antara kuat tekan dan

nilai penarikan untuk campuran beton spesifik yang direncanakan untuk digunakan pada proyek dengan menguji silinder dan spesimen penarikan pada berbagai usia perlu dikembangkan pada awalnya. Tes penarikan dapat dilakukan sesuai dengan ASTM C 900.

5. Resistensi Penetrasi
Mirip dengan kematangan beton dan uji tarikan, uji ketahanan penetrasi beton yang dikeraskan dapat digunakan untuk memperkirakan kuat tekan beton di lapangan. Untuk dapat menggunakan teknik ini, pengembangan korelasi antara kekuatan tekan spesimen yang diuji di laboratorium dan nilai-nilai penetrasi pada berbagai usia untuk semua campuran beton yang direncanakan untuk digunakan pada proyek adalah suatu keharusan.

Kemudian, hasil resistensi penetrasi dapat dikonversi menjadi kekuatan beton dengan mudah. Resistansi penetrasi diukur sesuai dengan ASTM C803 / C803M.

No comments:

Post a Comment