Monday, October 7, 2019

Aturan Dalam Membuat Pondasi Beton

Pedoman untuk konstruksi fondasi beton memastikan kekuatan, daya tahan, dan umur panjang struktur pondasi. Akibatnya, fondasi beton dibangun dengan benar dan sesuai dengan standar dan persyaratan.

Pedoman konstruksi untuk fondasi beton dapat diperoleh dari Kode Bangunan seperti American Concrete Institute dan Standar India, dan pengalaman teknik dan penilaian sampai batas tertentu.

Pedoman sangat penting untuk konstruksi pondasi beton (dasar, penempatan tulangan, bekisting, beton, pekerjaan stripping, deteksi cacat dan perbaikannya) yang secara memadai memenuhi tujuannya.

Persiapan Dasar Untuk Yayasan

Pondasi beton harus dibangun di atas tanah yang tidak terganggu, timbunan hasil rekayasa, atau kerikil kasar. Air yang berdiri, lumpur, tanah beku, dan puing-puing lainnya harus dihilangkan. Jika tanah sub-grade baja ringan berkualitas buruk, maka harus digali, dan lapisan kerikil setebal 100mm harus disediakan. Toleransi level untuk sub-grade yang disiapkan tidak boleh melebihi + 5mm, -15mm.

Air tegakan sampai 25 mm dapat dipindahkan oleh beton jika tidak bercampur dengan air. Penghapusan bahan yang tidak pantas di bawah dasar pijakan yang dirancang diperlukan untuk mengembangkan dasar tanah dasar yang sehat untuk pijakan tersebut. Penggalian yang berlebihan dapat diisi dengan isian rekayasa atau beton.

Formwork Yayasan

Semua bahan bekisting harus dipilih dan dipasang untuk mencapai permukaan beton yang diperlukan.
Sambungan antara panel bekisting harus disegel dengan baik, untuk mencegah kebocoran nat selama pengecoran beton dan pemadatan.
Bekisting harus diukur sebelum pengecoran beton untuk mengkonfirmasi lokasi, penyejajaran dan puncak tingkat beton.
Jika bekisting meluas di atas bagian atas tingkat beton, bagian atas tingkat beton harus ditandai dengan jelas pada bekisting dengan paku dan / atau garis kapur.
Formwork pondasi harus dipilih dan diatur sedemikian rupa sehingga memiliki kekuatan, kekakuan dan stabilitas yang memadai untuk mempertahankan berat beton basah selama penempatan.
Formwork harus dikaku, jika perlu, untuk memastikan tidak ada deformasi yang signifikan dari yang sama selama pengecoran beton.

Pengaturan Bilah Penguat

Penguatan fondasi diperlukan untuk memastikan kontinuitas struktur. Ini khususnya penting dalam kasus-kasus tanah yang buruk atau di mana bangunan itu dapat dikenai kekuatan gempa.
Penguatan baja pada pondasi terdiri dari tulangan yang ditempatkan secara longitudinal, melintang, atau keduanya, ke arah pijakan.
Penguatan longitudinal kadang-kadang digunakan untuk menjembatani titik-titik lunak dan parit kecil atau untuk meningkatkan kekuatan pada penggalian yang sempit.
Penguat pijakan melintang biasanya tidak diperlukan kecuali kapasitas dukung tanah buruk atau beban dinding tinggi.
Batang penguat melintang atau memanjang harus ditempatkan di dekat pusat ketebalan pijakan dengan penutup minimum 75 mm ke bagian bawah dan samping.
Bala bantuan pondasi dapat dipasang di kursi, batu bata konstruksi, atau perangkat pendukung lainnya.
Jarak minimum masing-masing batang harus 150mm.
Setelah pemasangan rebar, barang-barang berikut harus diperiksa secara visual dan dikonfirmasi.
Ukuran rebar minimum adalah 16mm.
Toleransi posisi tulangan tidak boleh melebihi ± 6mm.
Jika tulangan tidak dapat dipasang dalam satu panjang untuk memenuhi persyaratan tulangan, tulangan harus dipasang untuk mengembangkan kapasitas tarik penuh tulangan di seluruh sambungan.
Sesuai dengan ACI-318, panjang putaran minimum 40 kali diameter tulangan diperlukan untuk sambungan dalam tulangan.
Pemisahan antara palang yang disambung atau dilapis tidak melebihi delapan kali diameter palang penguat, atau 6 inci, yang mana yang lebih kecil.

Beton untuk Yayasan

Kekuatan beton sebaiknya tidak kurang dari 17 MPa. Ini perlu ditingkatkan jika fondasi dihadapkan pada kondisi lingkungan yang agresif dan kekuatan gempa.
Penutup beton harus 75mm untuk pondasi yang bersentuhan langsung dengan tanah.
Penempatan beton untuk pondasi dapat dengan metode konvensional apa pun, termasuk saluran langsung, gerobak dorong, derek, pompa, atau konveyor.
Yayasan beton
Gbr. 4: Yayasan Beton
Penghapusan Bekisting
Waktu untuk pengupasan bekisting harga baja ringan adalah 12 jam. Bekisting tidak boleh dilepas lebih awal dari 12 jam setelah selesainya pekerjaan finishing beton.

Koreksi Permukaan Cacat
Setelah bekisting dihilangkan, dan proses curing selesai, setiap struktur beton harus diperiksa secara visual untuk cacat permukaan.

No comments:

Post a Comment