Monday, October 7, 2019

Campuran Beton Readymex yang Bagus

Agregat halus merupakan salah satu unsur utama beton yang dapat mempengaruhi desain campuran beton secara substansial. Berbagai faktor seperti modulus kehalusan agregat halus, kadar air, berat jenis, dan kadar lanau mempengaruhi proporsi campuran beton. Modulus kehalusan menentukan berapa banyak agregat halus yang diperlukan dalam desain campuran yang diberikan.

Kadar air agregat halus mempengaruhi proporsi campuran secara substansial. Ini menentukan jumlah air yang dapat ditambahkan untuk dikurangi dengan campuran. Desain campuran beton tidak dapat dilakukan tanpa gravitasi spesifik agregat halus, dan gravitasi spesifik yang lebih tinggi menghasilkan beton yang lebih kuat. Akhirnya, keberadaan lumpur di pasir akan meningkatkan kebutuhan air dalam campuran beton dan dapat mengurangi kekuatan beton.

1. Modulus Kehalusan
Ini adalah salah satu faktor yang mempengaruhi desain campuran beton karena mengontrol proporsi pasir dalam campuran genteng beton. Kehalusan pasir keseluruhan diberikan oleh faktor yang disebut fineness modulus, dan ditemukan dengan analisis saringan berdasarkan spesifikasi ASTM C 33 / M33 atau standar lain yang berlaku. Modulus kehalusan pasir bervariasi dari 2 hingga 4.

Mempengaruhi Modulus Kehalusan Agregat Halus pada Desain Campuran Beton
Gbr. 1: Mempengaruhi Modulus Kehalusan Agregat Halus pada Desain Campuran Beton
2. Konten Kelembaban
Kadar air dari agregat halus merupakan faktor penting saat rasio air terhadap bahan semen yang tepat ditetapkan. Tidak dapat dipungkiri bahwa semua agregat mengandung beberapa kelembaban berdasarkan kondisi kelembaban area penyimpanan dan porositas partikel.

Agregat halus dapat ditemukan dalam empat kondisi kelembaban yang berbeda yaitu: oven-kering (OD), udara-kering (AD), jenuh-permukaan kering (SSD) dan basah. Hanya OD dan SSD yang sesuai dengan kondisi kelembaban tertentu dan dapat digunakan sebagai status referensi untuk menghitung kadar air.

Seringkali, agregat halus berada dalam kondisi basah dengan kelembaban permukaan hingga lima persen. Ini dikenal sebagai bulking dan dapat menyebabkan kesalahan yang signifikan dalam volume proporsi. Diperlukan untuk memperkirakan penyerapan air agregat untuk menghitung jumlah air yang agregat akan tambahkan atau kurangi ke pasta.

3. Gravitasi Spesifik
Gravitasi spesifik adalah perbandingan kepadatan padat partikel pasir dengan densitas air, dan dapat dihitung dengan mengikuti metode pengujian dan prosedur yang disediakan dalam ASTM C128-15. Gravitasi spesifik massal, yang merupakan ukuran volume genteng keramik yang digunakan dalam beton termasuk partikel agregat padat dan kekosongan di antara mereka, diperlukan untuk menentukan proporsi campuran beton.

Semakin tinggi gravitasi spesifik, semakin berat partikel pasir dan semakin tinggi kepadatan beton. Sebaliknya, gravitasi spesifik pasir yang lebih rendah akan menghasilkan kepadatan beton yang lebih rendah. Berat jenis agregat halus yang ditemukan di wilayah Pune bervariasi dari 2,6 hingga 2,8.

4. Konten Lumpur
Ini ditemukan dengan pengayakan basah dari pasir dan material yang melewati saringan 75 mikron diklasifikasikan sebagai lanau. Lumpur ini mempengaruhi kemampuan kerja beton, menghasilkan rasio air / semen yang lebih tinggi dan kekuatan yang lebih rendah. Batas atas untuk ayakan 75 mikron jika pasir adalah 3% berat. Namun batas ini telah diperpanjang menjadi 15% dalam kasus pasir hancur di IS 383 - 1970 Tabel 1.

No comments:

Post a Comment